Thursday, April 25, 2013

LiveMIDI : Aplikasi Android Untuk Karokean

 Siapa yang suka nyanyi?
Saya yakin semuanya suka, tul gak. Walau suara gak bagus-bagus amat, tapi percayakah menurut kita suara kita gak begitu jelek-jelek amat meskipun menurut orang gak ada bagus-bagusnya sama sekali. Perlu diketahui seseorang minimal berdendang 2 kali dalam seharinya, berdendang itu bisa jadi bersiul, memukul-mukul meja,  menggoyangkan bagian tubuh tertentu sesuai irama, melagukan nada tertentu tanpa kata-kata, sampai bernyanyi dengan kata-kata.

Sifat manusia yang mudah terangsang dengan bunyi-bunyian indah beraturan, atau kata-kata yang berirama lah yang menyebabkan semua orang suka menyanyi, walaupun ada sebagian yang gak suka tapi percayakah bahwa mereka pada akhirnya bernyanyi juga walau pada tempat dan saat-saat tertentu saja, semisal di kamar mandi atau sedang menghibur diri tanpa ada orang lain yang mendengarnya.

Kemampuan bernyanyi setiap orang akan berbeda-beda karena disebabkan oleh beberapa faktor,
1.       Faktor keturunan, ibu atau bapak yang suka bernyanyi akan diwariskan kepada anaknya
2.       Bakat alamiah, tidak ada yang bisa menjelaskan secara pasti alasannya, karena bakat adalah anugrah dari tuhan. Mau keturunan atau tidak, diajari atau otodidak kekuatan bakat tidak ada yang mengalahkan
3.       Pola asuh ketika kecil, orang tua yang suka membelikan anaknya mainan musik seperti piano kecil, terompet, harmonika atau alam musik lain yang memiliki nada do-re-mi-fa-sol-la-si-do dapat dipastikan anak tersebut tidak buta nada ketika dewasa nanti sehingga mampu menyesuaikan suaranya dengan nada yang terdengar.
4.       Les atau belajar secara khusus ketika anak-anak / dewasa teknik khusus bernyanyi atau memainkan alat musik.
Tapi terlepas dari itu semua kita memiliki hak untuk bernyanyi walau dengan suara yang kadang bikin puyeng kepala yang mendengarnya.
Menangkap keadaan seperti itu Raden Ardhian membuat sebuah aplikasi untuk berkaraoke dengan nama LiveMIDI

LiveMIDI adalah aplikasi berbasis android  yang bekerja sebagai player musik midi dengan fitur penampil lirik lagu serta pengaturan instrumen musik khasnya aplikasi musik profesional berbasis windows. Dengan aplikasi ini kita tinggal buka file berformat midi tersebut lalu memilih instrumen mana yang boleh terus berbunyi dan mana yang tidak, sehingga instrumen bunyi tersebut digantikan oleh suara vokal kita sambil membaca lirik yang ditampilkan.




Aplikasi ini bisa di unduh lewat googleplay store dengan kata pencarian “livemidi” untuk kemudian menginstalnya.
Sedangkan untuk lagu-lagu berformat midi anda bisa unduh pada situs-situs penyedia yang banyak tersebebar di internet secara gratis.
Untuk lebih mantap lagi sambungkan perangkat android anda pada speaker eksternal agar keluaran suara lebih baik dan anda tinggal berkaroke baik memakai mic atau sekedarnya saja.

Detil lebih lanjut mengenai aplikasi ini anda bisa menemukannya di



0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com